Mana Hak Save The Hamster ?


Wow.. Wow .... Wow... Congratulation to Solite Studio, Mas Ghalib, Mas Miftah, Mas Tony, mas Bagus yang telah sukses  membawa piala imagine cup di urutan 2nd Place Russia S.t Petersburg pada tanggal 11 juli 2013. Aku yakin di jam, hari, tanggal dan bulan tersebut tak akan pernah terlupakan sampai kita tua nanti. Aku tak akan ingin membahas kemampuan kalian disini, tak pernah ada yang bisa meragukan apa yang kalian miliki dibanding dengan kata-kata yang tertuang dalam tulisan jelek, alay, dan lebay ku. Sudah ku coba untuk menjadi pelengkap bagimu apa yang dirasa kau butuhkan dan aku mampu untuk bergerak.
Sujud Syukur Alhamdulillah
Aku hanya ingin mengupas tuntas perjalanan kegigihanmu melewati birokrasi kampus yang sangat aneh dan konyol menurut ku. Apa pantas seorang juara nasional dibalas dengan seperti ini? Apa pantas seorang juara internasional juga dibalas seperti ini? You don’t say broth. Suatu kesuksesan itu adalah perpaduan antara usaha/ikhtiar dan do’a. Aku ayakin, dan yakin sangat jikalau diluar usahamu itu kalian juga berdo’a. Aku tak mungkin bisa membantu kalian di dalam usaha membuat save the hamster mu bisa berjalan dan menjadi juara seperti itu. Semua sekarang bangga kakak dari apa yang kalian torehkan. Tapi sejujurnya kalian tak layak mendapatkan seperti ini kakak, ibarat nasi kau hanya dapat sisa dari orang lain. Aku tak terima sebenarnya ! Ma’af sangat karena kami hanya bisa mengumpulkan teman-teman yang rela berdo’a bersama, khusyuk membantu do’a kalian yang bertekad menjadi jawara.
Oke, oke, kita lebih dalam lagi !
Tahlil & Istighosah

Sekarang aku ingat betul seminggu sebelum keberangkatan kalian imagine cup nasional di gedung epicentrum, jakarta. Kami berusaha mengumpulkan rekan-rekan badan perlengkapan yang di bantu oleh bem-ft untuk berdo’a memohon kelancaran kalian di sana. Kala itu tema kami adalah “teknik bertasbih”. Sekitar puluhan orang telah terkumpul, berdo’a tahlil & istighotsah selama 1 jam dengan khusyu’. Alhamdulillah tanpa kendala suatu apapun acara terlaksanakan dengan lancar. Tapi apa yang kita harapkan tak kunjung datang, dosen, dekanat, apalagi rektorat tak sedikitpun usik dengan apa yang kita selenggarakan dengan pamflet, banner yang bertebaran di kampus kita tercinta. Padahal kemenangan kalian jelas-jelas untuk mereka juga. Kehadiran mereka saja nihil, apalagi kehadiran sumbangan dana untuk penyelenggaraan acara tersebut. Bukan curhat ataupun klise, himatif mempunyai anggaran dana sisa dari tahun        2012 kemaren sebesar 30% dari pencairan dana dipa 3.600.000 , kisaran 1.080.000.
Buka Bersama
Akan tetapi kami menerimanya dari fakultas sebesar 1.100.000. Sebelum acara berlangsung kami mencoba mencari dana dari dekanat tetap saja tidak bisa mendapatkan itu. Lama berburu akhirnya kami mendapat kepastian dana, dan ternyata dana tersebut adalah muncul sebesar 20.000 dari pencairan 1.100.000, ya pencairan dana 30 % itu ada kesalahan yang seharusnya 1.080.000 dan kesalahan itu pun atas pengaduan saya ke yang bersangkutan sebelumnya. Oke lah tak masalah, aku serahkan uang itu ke pak gubernur bem sdr anam. Bayangkan saja, 20 ribu untuk puluhan orang yang hadir di dalam masjid kampus, apakah cukup? Wallohu’alam, mungkin memakai uang pribadinya ataupun uang anggarannya kami juga tak ingin tahu. Dan ternyata dengan kekurangan itu kita bisa memanfaatkannya menjadi kelebihan, well kalian juara imagine cup 2013 nasional dan berhak membawa bendera ke russia. Perlu di garis bawahi, kami sangat yakin, bukan do’a kami yang mengantarkan kalian menjadi juara, tapi karena usaha kalian yang menjadikan itu semua ! Kami salut broth :’( .
Juara 2 Dunia Kategori Games #ImagineCup
“teknik bertasbih part II – kontrakan sekber luar bem”.
·                     Lagi-lagi tak jauh beda nasibnya dari part I, 10 juli 2013 awal romadlon 1434 H , kurang lebih 12 hadirin yang menghadiri acara tersebut, bedanya kami mengundang di lingkup prodi. Alhamdulillah di masing-masing angkatan hadir mewakilinya. Banner dan pamlet juga sudah bertebaran 1 hari sebelumnya, tetap saja tak ada pihak atas  yang mau menengok menyampaikan sambutan resminya, ataupun hanya say haiiiiiiiii melalui sms. Kebetulan pak gubernur kita adalah mahasiswa teknik informatika angkatan 2009, acara ini adalah inisiatif kita ber-2 memang, kami memang sudah menebak bahwa dana untuk ini tidak ada ! #serius :-d . Okelah kami berpatungan agar acara ini sukses dan membawa berkah bagi kalian di russia. Maklum ngalap barokah di bulan barokah, apa salahnya juga :d . Aku yang beli es nya sebanya 15 = 15.000 , dan mas anam yang membeli lauk nya, sedangkan nasinya bisa menanak sendiri ! ( readers tau kan apa kekuarangan kami ? Don’t say again broth). Ceritnaya ini sambil ngabuburit sambil membacakan do’a tahlil dan istighosah untuk keselamatan, kelancaran, dan hasil yang terbaik bagi mereka. Tahlil dipimping oleh sdr gerry kuswanto yang kebetulan tahun lalu juga sebagai gubernur bem ft sekaligus perintis kamus – ft. Mungkin bagi pembaca ini sangat miris dari segi manapun, tapi menurut kami ini sangat mewah dan menyenangkan, karena dihadiri oleh chief marketing officer di solite studio saudara ach choirur rosyid. Acara sukses di akhiri dengan buka bersama ! Dan, well solite studio juara dunia meeeeeeeeeeeeeeeen, 2nd place ! Bangga seribu bangga, pecah tangisan saat melihat kawan2 solite meraih juara (status : eka nanda septiya hindriyana – 01.00 wib) . Perlu di ingat lagi, aku yakin kesuksesan kalian bukan dari do’a do’a kami, melainkan dari usaha keras perjuangan kalian seperti dikutip dari blog sdr ghalib :
    • Hidup saya jauh lebih sederhana karena saya melimpahkan energi solely untuk hal yang menjadi prioritas saya. Saya mudah bilang tidak pada hal-hal yang walaupun buat orang lain bagus banget tapi tidak sesuai dengan tujuan akhir saya.
    • Seringkali saya berhasil bukan karena saya lebih baik, atau lebih pintar, tapi simply karena saya menghabiskan lebih banyak waktu dari pada orang lain untuk belajar hal yang saya sukai – karena saya peduli terhadap occasion itu lebih dari pada yang lain.
         Tak hanya 2 cerita di atas harusnya aku keluarkan untuk kalian, tapi aku takut untuk mengungkapkannya bila mana kata-katau tak sesuai dengan apa yang kalian rasakan kepada pihak birokrator kampus, tak lupa pula aku mohon maaf yang sebesar-besarnya jika kontribusiku tak sebesar pencapaianmu. Bukan maksud "aku hanya peduli ketika kalian sudah melejit", tapi aku tak tau harus bagaimana bersikap. Mohon Bimbingannya Kaka' :D
               Perjuangan tinggallah perjuangan, lantas pencapaian ini adalah bukan dari akhir dari cerita indah kalian, terus tularkan bakat kalian ke kami, adek-adek kalian yang masih cup cupu ini.
Tulisan ini aku buat spesial untuk para dekanat dan rektorat kampus kita universitas trunojoyo agar tergugah dan menghargai arti sebuah perjuangan, tanpa bermaksud sama sekalipun untuk menuduh yang negatif. Semoga tulisan ini tersampaikan dan menjadi jalan langkah yang positif bagi kemajuan, kemakmuran, dan ke adilan yang di dapat bagi sesama mahluqnya khususnya pada mahasiswa berprestasi layaknya saudara sekaligus kakak pembmimbing kami mas ghalib, mas alfiansyah, mas bagus, dan mas tony. Tulisan ini murni dari saya, Arif Rakhman Hadi mahasiswa teknik informatika angkatan 2010 yang mencoba untuk KEPO, dengan NRP 10.04.1.1.1.00016 dan menjabat sebagai Ketua Umum HIMATIF 2013, juga bukan dari desakan dan dorongan dari pihak terkait manapun ! Murni dari hati nurani saya. #serius lagi puasa :-D

Kata Kunci : 
Kalian = Tim Solite Studio


Salam HIMATIF [NYATA UNTUK KITA] * 

* ini adalah suara rakyat, keluarga besar mahasiswa teknik informatika. 
cc : Arif Rakhman Hadi, Khoiru Nurul Anam, Ach. Choirur Rosyid, Pengurus Himatif
Himatif Trunojoyo
Himatif Trunojoyo

Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Trunojoyo Madura