Sejarah HIMATIF




        Prodi Teknik Informatika Terbilang masih sangat muda keberadaannya, namun dalam perjalanannya mahasiswa Prodi Teknik Informatika menempati urutan pertama dalam kuantitasnya di lingkungan Universitas Trunojoyo Madura. Sebagai Prodi yang memiliki mahasiswa terbanyak, perlu adanya suatu wadah yang mampu menampung segala aspirasi serta menghimpun mahasiswa teknik informatika secara keseluruhan, Sehingga pada 27 Maret 2003 Secara Resmi HIMATIF (Himpunan Mahasiswa teknik Informatika) dibentuk.

Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) yang dulunya Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), adalah Organisasi Eksekutif Kemahasiswaan tertinggi ditingkat Prodi, bergerak dalam ruang lingkup kehidupan dan aktivitas kemahasiswaan ditingkat jurusan. Organisasi inilah yang dipercaya Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura untuk menaungi mahasiswa di tingkatan Prodi, termasuk di Prodi Teknik Informatika. Sebelum bernama HIMATIF, HMP ini bernama HIMATIKA, baru pada konferensi V nama HIMATIKA dirubah menjadi HIMATIF. Hal itu dikarenakan terjadinya ambigu singkatan dan makna yang tersirat dari nama yang sebelumnya.

Dengan selalu mendasari segala aktivitas pada nilai-nilai Tri Dharma Perguruan Tinggi. Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika HIMATIF (nama himpunan mahasiswa jurusan Teknik Informatika) berdiri sebagai perwujudan kesatuan mahasiswa Teknik Informatika yang bertujuan selain sebagai wadah aspirasi mahasiswa Teknik Informatika, juga sarana pengembangan potensi dan pembangunan integritas pribadi mahasiswa Teknik Informatika yang profesional menuju terbentuknya mahasiswa yang berpengetahuan, egaliter , humanis, berwawasan kritis dan analitis terhadap berbagai persoalan perkembangan pengetahuan secara global untuk mewujudkan sistem tatanan yang dinamis.

Sampai saat ini, HIMATIF telah berjalan selama sembilan kepengurusan, yaitu dari kepengurusan pertama Joko Widodo (Per.2003-2004), Agung Tristanto (Per.2004-2005), Samsul Dluha (Per. 2005-2006), Pipin Piniman (Per. 2006-2007), Hainur Rusdi (Per.2007-2008), Hanifudin Sukri (per. 2008-2009), Miftahul ulum (2010), Achmad Afiffudin Nurzein (2011), Muhammad Nurhudha Toha (2012), dan Arif Rakhman Hadi (2013)

Bergabungnya teman mahasiswa baru Teknik Informatika merupakan aset penting bagi perkembangan dan kemajuan HIMATIF ke depan. Kita semua berharap, perbedaan yang teman bawa dapat memperkaya khasanah Perbedaan HIMATIF yang selanjutnya menjadi kekuataan untuk HIMATIF dalam mencapai tujuan organisasi.

Sebagai badan pelengkap BEM-FT, HIMATIF selalu berusaha mensejajarkan diri untuk selalu berpartisipasi dan bekerjasama dengan badan kelengkapan BEM-FT lainnya dalam mewujudkan segala tujuan demi kepentingan mahasiswa Fakultas Teknik, khususnya Mahasiswa Teknik Informatika.
Himatif Trunojoyo
Himatif Trunojoyo

Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Trunojoyo Madura