Mozilla dan Foxconn bekerjasama membuat device Firefox OS

Mozilla yang terkenal dengan Firefox browser telah menjalin kerjasama dengan Foxconn (Hon Hai Precision Industry Co) untuk memproduksi device yg bertenagakan Firefox OS.
Kerjasama ini akan diumumkan secara resmi pada tanggal 3 Juni 2013 di Taipei yg kemungkinan besar disertai dengan perkenalan device Firefox OS terbaru (kemungkinan tablet, namun belum diketahui akan menggunakan merek apa).
Foxconn pun menjadi perusahaan ke-19 yang bekerjasama dengan Mozilla untuk membangun sistem operasi Firefox OS; Perusahaan besar lain yg sudah berkomitmen di proyek ini yaitu Deutsche Telekom, Sprint, SingTel, LG dan Huawei.
Foxconn saat ini memang berperan sebagai pembuat berbagai device terkenal untuk perusahaan lain seperti Nokia, Apple, Hewlett-Packard Co, dan banyak lainnya. Namun menurunnya volume produksi perusahaan tersebut (termasuk Apple) membuat Foxconn harus memikirkan strategi baru.
Foxconn pun perlahan-lahan berencana mendiversikasi usahanya dari sekedar perusahaan manufaktur menjadi pembuat device independent, membuat aksesoris iPhone, penjualan konten & software yang memiliki profit margin lebih besar ketimbang hanya berperan sebagai perusahaan manufaktur.


Himatif Trunojoyo
Himatif Trunojoyo

Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Trunojoyo Madura