GEMASTIK 2014 : Kebudayaan dan Kreativitas Indonesia untuk Kedaulatan Bangsa



Pergelaran Mahasiswa Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) 2014 yang sedianya digelar pada 25-27 November 2014, akan berlangsung di Universitas Gadjah Mada (UGM) sebagai tuan rumah. 

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UGM Iwan Dwiprahasto di Yogyakarta mengatakan, Gemastik yang mengusung tema 'Kebudayaan dan Kreativitas Indonesia untuk Kedaulatan Bangsa' itu bertujuan mendorong kreativitas mahasiswa dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi. 

 Menurut dia, kompetisi itu melombakan sembilan kategori yakni bidang programming, pengembangan "game", perangkat lunak, data "maining", keamanan jaringan, animasi budaya lokal, piranti cerdas, permainan bisnis, dan "user experince design". 

 Koordinator Perlombaan Gemastik 2014, Mardani Riasetiawan mengatakan pendaftaran kompetisi produk teknologi inovatif para mahasiswa dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi itu dibuka secara "online". 

 Pendaftaran dengan "softcopy" proposal melalui situs resmi www.gemastik.ugm.ac.id yang berlangsung hingga 22 Agustus 2014. Semua proposal yang masuk akan diseleksi. 

 "Bagi peserta yang lolos seleksi akan diundang untuk mengikuti putaran final. Kami berharap produk yang dilombakan mengandung unsur nilai budaya," katanya, dikutip dari Antara, Sabtu (24/5/2014). Meskipun demikian, kata dia, produk yang dilombakan melibatkan kelompok mahasiswa yang beranggotakan minimal tiga orang yang mewakili perguruan tinggi yang sama. 

 Sekretaris Panitia Gemastik 2014, Ahmad Agus Setiawan mengatakan Gemastik merupakan ajang berkumpulnya para mahasiswa yang memiliki minat pada pengembngan produk inovasi hasil buatan karya sendiri. 

 "Oleh karena itu kami berharap perlombaan semacam itu akan melahirkan produk-produk inovatif dari karya anak-anak bangsa," katanya. (amr) source : okezone.com
Himatif Trunojoyo
Himatif Trunojoyo

Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Trunojoyo Madura