Seminar Nasional IOT


Kemajuan teknologi yang terus berkembang dengan pesat hingga saat ini membuat para perusahaan yang menyediakan berbagai macam program untuk membantu mengembangkan produk berbasis Internet of Things. Internet of Things (IoT) merupakan sebuah istilah yang belakangan ini mulai ramai ditemui namun masih sedikit yang mengerti arti dari istilah ini. Secara umum Internet of Things dapat diartikan sebagai benda-benda di sekitar kita yang dapat berkomunikasi antara satu sama lain melalui jaringan internet.

Melalui internet, kita bisa mencari uang hanya dengan duduk di depan komputer atau laptop. Internet menyediakan tempat tak terbatas bagi para perusahaan untuk membuka bisnisnya tanpa memiliki sebuah kantor. Nantinya internet akan menjadi penghubung utama dalam interaksi sedangkan manusia hanya sebagai pengatur dan pengawas perangkat ini.

Dalam industri, peralatan-peralatan dapat dirancang untuk memberikan informasi mengenai kondisinya. Misalnya ada peralatan yang membutuhkan bahan bakar, dan peralatan tersebut memancarkan informasi status bahakn bakarnya secara periodik ke suatu peralatan lain melalui jaringan internet. Dengan adanya sistem ini, maka kita dengan mudah memantau peralatan-peralatan yang digunakan. Memudahkan pemantauan akan mengindarkan kita dari situasi suatu mesin tidak berfungsi karena terlambat melakukan pemeliharaan. Dalam aplikasi dalam rumah tangga, saat kita belok ke halaman depan rumah kita, garasi langsung membuka. Pada saat garasi membuka, lampu ruangan dan AC akan langsung menyala. Seperti itulah contoh dari Internet Of Things, oleh karena itu Kemahasiswaan Fakultas Teknik bekerjasama dengan HIMATIF (Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika) untuk menyelenggrakan sebuah Seminar Nasional Internet Of Things.

Alhamdulillah Seminar Nasional Internet Of Things dapat terlaksana dengan lacar yang diadakan pada tanggal 01 Mei 2019 di Gedung Pasca Sarjana (Auditorium UTM) dengan mengangkat tema "Increase Self Quality With Creativity In Technology”, acara Seminar ini di hadiri oleh 3 Pemateri dari Sinergi Informatika Semen Indonesia  :
1. Aris Eko Priyanto (Dept. Business Solution)
2. Agung Tarmudi (Dept. Managed Service)
3. Yunita Rahayu (Dept. Managed Service)

Setelah Pemateri Memberikan Materi kurang lebih 1 jam 30 Menit , diadakan sesi tanya jawab seputar seminar kali ini , banyak peserta yang ingin menanyakan pertanyaan akan tetapi tekendala masalah waktu maka hanya 4 peserta saja yang beruntung bisa menyampaikan pertanyaannya, di penghujung acara peserta, panitia dan pemateri ikut dalam sesi foto bersama

Foto Foto Dokumentasi :
kedatangan bapak Ahmad Jauhari S.T.,M.Kom

Peserta Seminar Nasional

Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars UTM

Tanya Jawab 

Pemateri Seminar Nasional

Foto Bersama Peserta, Panitia dan Pemateri



HIMATIF
HIMATIF

Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Trunojoyo Madura

Tidak ada komentar:

Posting Komentar