Mahasiswa Informatika Harus Jago Coding!

Ini adalah karya dari Kak Pyepit Rinekso Andriyanto, juara umum Lomba Publish Me!!!.
Silakan disimak ya.. :D :D


Mahasiswa Infromatika Harus Jago Coding!
Tema : Skripsi
Oleh : Pyepit Rinekso Andriyanto (110411100047)

Skill Coding wajib dimiliki oleh mahasiswa informatika, mahasiswa tanpa skill coding itu bagaikan sayur tanpa garam. Terumata bagi mahasiswa semester akhir yang sedang PDKT (Pendekatan) dengan Tugas Akhir/Skripsi. Tugas Akhir adalah salah satu syarat wajib bagi mahasiswa untuk mendapatkan gelar sarjana. Ketika ada mahasiswa semester akhir yang masih lemah dalam skill coding, perbanyaklah membaca istighfar dan bertaubat ^_^. Karena banyak mahasiswa yang akhirnya lulus lebih dari 8 semester, putus kuliah, atau lulus 8 semester dengan mengeluakan uang banyak untuk menyelesaikan tugas akhirnya karena lemahnya skill coding.

Jurusan computing di Indonesia mengambil acuan kurikulum IEE Computing Curricula 2005. APTIKOM (Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer) yang merupakan wadah universitas yang memiliki program studi computing, membuat kurikulum inti yang mengacu IEE Computing Curricula 2005, bahwa Computer Science (Ilmu Komputer), Information Technology (Teknologi Informasi) dan Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak) dijadikan dalam satu wadah dengan nama Teknik Informatika. Padahal pembobotan materi yang dibidik berbeda. Gambar dibawah ini adalah target kemampuan yang diharapkan dari lulusan masing-masing cabang ilmu computing menurut IEE Computing Curricula 2005.



Menurut Romi Satria Wahono (2009) ketikadosen atau peneliti di kampus mengatakan bahwa mahasiswa jurusan computingitu tidak wajib jago coding dan programing, hal ini sebenarnya menciderai dunia kurikulum IT.Pada Grafik pembobotan IEE Computing Curricula 2005, kemampuan coding dan programing masuk dalam materi Software Methods and Technologies, dan semua cabang ilmu di bawah computing yaitu, CE=Computer Engineering (Teknik Komputer), CS=Computer Science (Ilmu Komputer), IS=Information Systems (Sistem Informasi), IT=Information Technology (Teknologi Informasi), SE=Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak) membuat lengkungan pada materi tersebut.

Maka dari itu, berikut beberapa saran bagi mahasiswa Informatika khususnya untuk mahasiswa semester awal agar tidak ada lagi mahasiswa computing yang lemah dalam skill coding, karena kita tidak akan mahir dalam pemrograman apabila kita hanya mengandalakan materi kuliah.

1. Fokuslah pada satu bahasa pemrogrman untuk menyelesaikan beberapa tugas mata kuliah, misalanya menggunakan bahasa Java pada mata kuliah Algoritma Pemrograman, Struktur Data, Pemrogrman Berorientasi Objek, dll.
2. Capailah level mahir disatu bahasa pemrograman, baru berpindah ke bahasa pemrograman lainnya.
3. Ikutlah beberapa project riil dengan dosen untuk melatih ilmu yang didapatkan untuk dapat diterapkan di dunia industri.
4. Berlatih menyusun business process dan mendesain software menggunakan UML yang sudah standart.
5. Buatlah project software mulai dari yang kecil dan coba tawarkan kepada user.
6. Belajar mengatur waktu dan fokus, usahakan dalam satu hari wajib coding minimal 1 jam setiap hari.
7. Belajar mengajarkan kepada orang lain apa yang kita kuasai, hal ini juga melatih kemampuan kita.
8. Banyak mencoba, jangan malas, dan banyak berdoa.

Pyepit Rinekso Andriyanto, S.Kom
110411100047
Alumni Teknik Informatika
Universitas Trunojoyo Madura

Himatif Trunojoyo
Himatif Trunojoyo

Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Trunojoyo Madura