BERCERMIN TERHADAP PERJUANGAN PAHLAWAN UNTUK ISI KEMERDEKAAN




17 Agustus 1945 adalah hari yang paling bersejarah bagi bangsa Indonesia, pada hari itulah bangsa Indonesia memproklamirkan kemerdekaan. Sebuah kemerdekaan yang begitu berharga dan telah diperjuangkan oleh para pahlawan bangsa melalui proses yang panjang. Sekarang kita telah dapat menikmati kemerdekaan yang telah direbut dengan pengorbanan yang luar biasa, sepenuh jiwa dan raga.
Sekaranglah momentum yang tepat untuk mengisi kemerdekaan dengan kesuksesan. Kesuksesan bukan hanya soal uang dan kekuasaan, melainkan kesimbangan 8 aspek kehidupan, meliputi: kebahagiaan keluarga, kesehatan, keberhasilan bisnis atau karier, peningkatan kekuatan spiritual termasuk moral, hubungan sosial antarmanusia, pengembangan diri atau pendidikan, keuangan, dan rekreasi. Keseimbangan 8 aspek tersebut tentu saja tidak dapat dicapai dengan cara instan atau manipulasi. Marilah kita belajar bagaimana meraih kesuksesan dari apa yang telah dicontohkan oleh para pahlawan bangsa ketika berjuang merebut kemerdekaan.
Para pahlawan kemerdekaan telah berjuang, berkorban jiwa dan raga hanya untuk satu tujuan, yaitu MERDEKA! Mereka tidak peduli pada tantangan sesulit apa pun yang menghadang perjuangan bahkan maut sekalipun. Mereka mendedikasikan diri secara total untuk mewujudkan Indonesia merdeka.
Sejarah mencatat bahwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dibacakan oleh Ir. Soekarno didampingi oleh Drs. Mohammad Hatta di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat. Proklamasi itu dilakukan segera setelah bangsa Indonesia mendengar Jepang akan segera menyerah kepada Amerika Serikat dan sekutunya. Jepang berencana untuk menyerah setelah bom atom ke-2 dijatuhkan di Jepang pada tanggal 9 Agustus 1945. Tanpa menunggu lebih lama, masa kejatuhan Jepang langsung dimanfaatkan oleh bangsa Indonesia untuk memproklamasikan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.
Begitu pula ketika ingin meraih kesuksesan, harus menemukan tujuan pasti, jelas, menarik, dan bermanfaat. Sebuah tujuan akan menjadi petunjuk untuk menciptakan gagasan-gagasan yang cerdas serta langkah-langkah yang tepat dan efektif. Sama seperti mengejar kesuksesan, diperlukan tindakan cepat dalam melakukan segala sesuatu. Karenanya, tingkatkan kemampuan, gigih, sigap dan peka terhadap perubahan. Sehingga terbiasa membaca perubahan dan dengan cepat mengubahnya menjadi kesempatan emas. Terlebih di era digital seperti sekarang memungkinkan untuk bertindak lebih cepat, sehingga kesempatan meraih kesuksesan akan semakin terbuka lebar.
Mari kita tengok sejarah ketika para pejuang mengusir penjajah, mereka tidak bingung memikirkan mereka akan kalah atau menang. Walaupun dengan senjata bambu runcing, keberanian dan ketulusan mereka luar biasa. Mereka berjuang dengan gagah berani dan tanpa pamrih walaupun nyawa menjadi taruhan. Berkat perjuangan merekalah penjajah terusir dari bumi Indonesia.
Perjuangan meraih kesuksesan juga memerlukan keberanian menghadapi tantangan dan ketulusan . Dengan keberanian, usaha terbaik dan ketulusan, Anda pasti memperoleh kesuksesan yang diharapkan.
Para pahlawan bersatu padu dari bermacam perbedaan suku, agama, maupun adat, demi mencapai visi meraih kemerdekaan. Dalam mencapai kesuksesan juga begitu, kita harus berkumpul dengan orang-orang yang sejalan dengan apa yang kita perjuangkan. Orang-orang yang sejalan dengan visi dan misi kita akan menjadi pendukung sekaligus pelatih, yang akan memotivasi dan membantu kita tetap fokus mewujudkan visi dan misi.
Setelah berhasil merebut kemerdekaan, masih banyak tantangan yang harus dihadapi bangsa Indonesia pada saat itu. Setelah Jepang kalah perang, Belanda dan sekutunya ingin kembali menguasai Indonesia. Bangsa Indonesia kembali berjuang sekuat tenaga demi mempertahankan kemerdekaan agar tidak jatuh lagi ke tangan penjajah. Kita patut bersyukur karena perjuangan para pahlawan itulah sampai saat ini kita masih menikmati kemerdekaan.
Begitu pula ketika Anda berhasil meraih kesuksesan, itu bukan berarti tantangan sudah berakhir. Mempertahakan kesuksesan itu lebih sulit, sehingga diperlukan usaha yang lebih keras dan cerdas.
Para pejuang kemerdekaan telah sangat berjasa karena membawa kita menikmati kemerdekaan seperti sekarang. Mereka juga telah menginspirasi dan memberi suri tauladan bagaimana memperjuangkan sesuatu agar berhasil kita capai. Sekaranglah saat yang tepat untuk melakukan sesuatu untuk menciptakan kesuksesan sesuai dengan semangat perjuangan, menjadi lebih mandiri dan percaya diri, karena tidak mungkin kita selalu bergantung pada orang atau bangsa lain. MERDEKA !!!

Menteri Kemahasiswaan HIMATIF 2013
Nyata Untuk Kita

 M E R D E K A ! . .

HIMATIF
HIMATIF

Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Trunojoyo Madura

Tidak ada komentar:

Posting Komentar