Dengan Mouse Ini Kalian Dapat Kontrol Dunia 3D, Seperti Apa?

Kabar Berita – Terinspirasi oleh aplikasi dan games 3 dimensi (3D), perusahaan teknologi Cambridge Consultans menciptakan sebuah tetikus (mouse) yang mendukung program 3D.
3D memang semakin populer, teknologi tersebut membuat navigasi atau suatu operasi tertentu menjadi lebih mudah.
Nah kali ini ada para pakar dari Cambridge Consultants menyajikan konsep mouse Suma, suatu ide menarik bagaimana kita menavigasi dan mengontrol lingkungan 3D.
The Suma merupakan konsep masa depan Mouse futuristik yang dioperasikan dengan cara menggenggam, kemudian mengklik, diputar hingga memperbesar layar hanya menyentuh sisi mouse ke atas atau ke bawah dengan ibu jari. Kadar sensitivitas sentuhan Mouse The Suma diklaim halus.
Sensor dapat diatur untuk setiap aplikasi yang sedang dijalankan. Resolusi juga bisa disesuaikan keinginan pemakai.
Dengan mouse ini kita dapat klik, pan, zoom dan memiringkan di lingkungan 3D. Konsep ini juga mengenali bagaimana pengguna memegangnya dan berespon sesuai membuat navigasi lebih mudah.
“Sekarang ini sudah ada beberapa aplikasi arusutama 2D yang ditingkatkan menjadi 3D, seperti Google Street View,” kata Duncan Smith, Kepala Pengembangan Produk Konsumen dari Cambridge Consultan.
Platform Mouse The Suma ini akan diperlihatkan bentuk fisiknya pertama kami di konferensi Front End of Innovation 2010 , 3-5 Mai 2010 di Seaport World Trade Center Boston.

Himatif Trunojoyo
Himatif Trunojoyo

Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Trunojoyo Madura