Kenapa Komputer Sering Lambat, Ini Solusinya


Ketika Anda membeli suatu Laptop atau Komputer atau baru meng-install ulang, komputer Anda lancar – lancar saja, hampir semua perintah bisa dijalankan dalam waktu kurang dari beberapa detik. Namun semakin lama komputer Anda makin melambat. Sebaik apapun Anda menggunakan komputer atau prosesornya seperti Core i3, Core I5, atau Core i7 yang paling baru sekalipun, suatu saat pasti komputer Anda akan melambat. Berikut ini adalah penyebab komputer Anda menjadi melambat dan solusinya.

Start up

Pada awalnya komputer Anda siap digunakan dalam beberapa detik saja, proses booting-nya juga cepat. Namun di kemudian hari, ketika Anda meng-Instal beberapa program software komputer keadaanya menajdi berubah, dari menekan tombol power sampai masuk ke desktop memerlukan waktu yang lebih lama, dan makin lama. Hal ini disebabkan oleh program startup yang berlebihan jumlahnya. Komputer harus menjalankan semua software atau aplikai tersebut sebelum siap digunakan.
startup seting
taskmanager win8 startup setting

Temporary files

Temporary files adalah files sementara. Setiap kali Anda membuka halaman web, menjalankan aplikasi, dan kegiatan lainnya, komputer akan membuat suatu file yang bernama file temporer. File-file ini dibuat dengan tujuan untuk mempercepat jalannya kegiatan yang sama. File-file ini makin lama makin banyak dan pasti membutuhkan ruang hard drive yang lebih besar. File ini biasanya terdapat pada local system C:/ kalau Anda menggunakan Local C:/ untuk system utama komputer Anda.
Solusinya: Bersihkan dengan menjalankan Windows Disk Cleanup  atau Menggunakan software penghapus file-file termporer.
disk cleanup windows 8
disk cleanup

Hard Disk

Hardisk adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Ketika sistem menyimpan suatu file, kemudian file tersebut mulai dipecah dan ditempatkan pada yang kosong. Ketika system membutuhkan file tersebut, bisa saja system tidak dapat menemukan file tersebut didalam bagian yang berdekatan. Akibatnya system harus mencarinya di bagian-bagian yang berjauhan dan memerlukan waktu yang lama. Akibatnya, komputer akan mulai melambat.
SolusinyaOptimasi menggunakan defragment tool bawaan windows  atau mungkin tool bawaan windows ini kurang efektif bisa menggunakan software defragment lain.
Defrag Hardisk
Optimasi hardisk

Uninstall

Pada saat Anda melakukan uninstall suatu program/aplikasi, biasanya masih terdapat beberapa file dari aplikasi yang Anda uninstall tadi. File ini bisa berupa informasi registrasi aplikasi, save file, screenshots, dll. Apabila dibiarkan menumpuk didalam system komputer Anda, alangkah baiknya di hapus secara permanent supaya tidak memberakan system itu sendiri atau memberatkan si komputer.
Solusinya: Buat Anda yang belum tahu cara uninstall suatu aplikasi, jangan langsung menghapus semua folder aplikasinya yang ada di local disk C:/Program Files/ tetapi dengan cara menjalankan file uninstaller-nya yang berada di dalam folder aplikasi tersebut, atau bisa melalui Control Panel. Ada juga cara lain dengan menggunakan software pihak ketiga.

Uninstall aplikasi


Operating System (OS)

Operating System adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi booting. Ref: Wikipedia.org
Biasanya system komputer terletak pada drive C:/. Jika drive C:/ ini terlalu penuh, maka dipastikan akan mengganggu kinerja OS dan melambatnya komputer.
Solusinya: Apabila Anda mempunyai Hardisk bagilah menjadi 2 partisi atau lebih seperti Local Disk C:/ dan D:/, tetapi satu juga tidak apa-apa, asalakan jangan sampai Local Disk C:/ kekurangan ruang yang mengakibatkan komputer melambat, jadi sangat disarankan membagi minimal 2 partisi, satu System yaitu C:/ dan kedua adalah Data atau local disk D:/. Untuk cara membagi partisi bisa melalui Disk Management bawaan windows atau bisa menggunakan software pihak ketiga.
local disk all oart
Local disk

Virus dan Antivirus

Antivirus memiliki kemampuan yang sangat hebat. Karena saking hebatnya, kinerja antivirus ini memberatkan sistem komputer Anda. Ada antivirus yang terus menerus melakukan scanning sepanjang komputer menyala dan Memory komputer Anda berukuran kecil. Akibatnya, tentu saja proses komputer jadi lambat.
Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.
Virus komputer adalah sebuah istilah umum untuk menggambarkan segala jenis serangan terhadap komputer. Dikategorikan dari cara kerjanya, virus komputer dapat dikelompokkan ke dalam kategori baca disiniRef: Wikipedia.Org
Solusinyapilih antivirus yang sesuai dengan kemampuan komputer.
- Ryken -

Himatif Trunojoyo
Himatif Trunojoyo

Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Trunojoyo Madura