Fitur-Fitur Menarik HTML5

Minggu, 31 Juni 2013 01:20:00 - oleh : admin

HTML5 bukan merupakan standar tunggal, melainkan kumpulan dari beberapa standar. Hal ini yang menyebabkan HTML5 menjadi lebih 'kaya' daripada versi sebelumnya. Tulisan ini menggambarkan beberapa fitur yang menarik dari HTML5, yaitu : 
Canvas
HTML5 mendefinisikan tag <canvas> sebagai bitmap canvas yang dapat digunakan untuk me-render gambar 'on the fly'. Canvas merupakan sebuah persegi dalam halaman web yang dapat digunakan untuk menggambar menggunakan JavaScript melalui "canvas API".
Video
Elemen <video> ditambahkan untuk meminimalkan ketergantungan terhadap plugin seperti Flash. Elemen ini memungkinkan untuk memainkan video secara langsung dalam dokumen HTML. Kontrol standar dalam video seperti tombol start, pause, dan stop terdapat dalam elemen ini.
Local Storage
HTML5 storage memberikan fasilitas pada website untuk menyimpan informasi dalam komputer dan mengambilnya dikemudian hari. Hal ini dilakukan untuk mengatasi keterbatasan Cookies yang besarnya terbatas.
Audio
Selain video, audio juga didukung oleh HTML5 dengan tag <audio>. Dengan tag ini, halaman HTML bisa meng-embed audio file format seperti MP3 dan OGG.
Geolocation
Elemen baru ini bisa mengungkap keberadaan anda, dan bisa digunakan untuk berbagi informasi mengenai keberadaan anda. Pengungkapan lokasi adalah berdasarkan GPS, jadi bisa ataupun tidaknya elemen ini digunakan, akan tergantung dari perangkat keras yang dipakai. 
Input Types
Tidak seperti HTML4 yang hanya mendukung input type text, HTML5 menambahkan beberapa jenis input type seperti search untuk search boxes, email untuk pengisian email, date untuk date picker, dan sebagainya. Penambahan input type ini memberikan kekayaan pada komponen HTML dan meminimalkan penggunakan library eksternal seperti JavaScript.
Masih banyak elemen-elemen atau tag-tag yang lain dalam HTML. Setidaknya dengan tulisan ini, pembaca dapat bergairah untuk belajar HTML5. Semoga bermanfaat !

Himatif Trunojoyo
Himatif Trunojoyo

Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Trunojoyo Madura