Study Ekskurs HIMATIF 2011

Rabu (4/1/12), Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMATIF) Mengadakan Study Ekskursi yang Bertajuk Kunjungan Industri Ke PT. Petrokimia Gresik Tbk dan PT. Semen Gresik (Persero) Tbk. Kegiatan ini diikuti 48 Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Trunojoyo Madura dan Dampingi 5 Dosen, Tiga diantaranya Tim Kerjasama Fakultas Teknik. Tema Yang di Ambil Dari Kegiatan ini Adalah "Mari Berkunjung, Belajar dan Mengeksplorasi", Akan Tetapi Spesifik Materi yang disampaikan Mengenai Penerapan IT di Perusahaan, Selain Bertujuan untuk mengetahui penerapan IT di Perusahaan, juga untuk menjalin Kerjasama antara Pihak Universitas Trunojoyo Madura atau Khusunya Fakultas Teknik dengan Pihak Perusahaan, kerjasama yang dilaksanakan dalam bentuk Membuka Jalan Bagi Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura yang akan melakukan Penelitian Kerja Praktik, Tugas Akhir bahkan Bursa Kerja di Perusahaan Tersebut.

Rombongan Study Ekskursi HIMATIF 2011 berangkat menggunakan Bus untuk kendaraan Menuju Perusahaan. Tujuan Pertama Rombongan adalah PT. Petrokimia Gresik, Karena Agenda Acara Di Petrokimia Gresik di mulai Pukul 08:00. Rombonganpun Berangkat dari Universitas Trunojoyo Madura Tepat Pukul 06:00 pagi, dengan Estimasi Perjalanan 2 jam Melalui Tol Untuk Sampai di Kota Gresik. Dan Rombonganpun Sampai di PT. Petrokimia Gresik Pukul 08:15, Memang Agak Sedikit Telat Karena Kemacetan di Surabaya. Di Sana Rombongan Disambut dengan Hangat di Ruang Pubdiklat Petrokima Gresik, dengan Jamuan yang Luar Biasa. Materipun dimulai Sekitar Pukul 08:30 dengan Konsep Class I di Ruangan dan Class II Kunjungan Keliling Pabrik.

Pada Class I Materi Mengenai Selayang Pandang Petrokimia hingga Penerapan IT di Petrokimiapun disampaikan, Hingga yang membuat tertarik Teman-teman Rombongan adalah ERP (Enterprise Resource Planing) yang di terapkan di perusahaan. Petrokimia menggunakan IFS sebagai ERP Perusahaan, sehingga seluruh sistem di Petrokimia dapat terintegrasi dengan baik. dan bahkan Hardware yang digunakan dalam penerapan sistempun di Materikan kepada kami. Itu yang membuat Teman-teman Rombongan Tertarik untuk bisa melakukan Penelitia Kerja Praktik atau Tugas Akhir disana.

Selanjutnya di Lanjutkan di Class II dengan Kunjungan di Pabrik Petrokimia Gresik, Bus Disediakan Oleh Petrokimia Gresik dengan Bus Tertutup dan Fasilitas Full AC. Disana Rombongan diajak keliling Pabrik I hingga Pabrik III dengan Luas Sekitar 450 Hektar, Perjalanan Paling Mengesankan ketika di Pelabuhan Petrokimia, disana bersandar Kapal-kapal besar yang mengangkut bahan kimia, Kemudian terlihat proses pengangkutan bahan kimia dilakukan dengan ban berjalan yang langsung diditribusiakan ke Pabrik I, II, III yang membutuhkan bahan tersebut. Kemudian Rombongan kembali di Pusdiklat Petrokimia dan Kunjunganpun Berakhir Tepat Pukul 12:00 Wib.

Kemudian Perjalanan dilanjutkan di PT. Semen Gresik (Persero) Tbk. Jadwal Yang diberikan Semen Gresik adalah Pukul 13:30, Sehingga Rombongan Memiliki Waktu 1 jam 30 menit untuk Istirahat dan Sholat. akan tetapi Karena Semangatnya Rombongan tepat Pukul 13:00 Rombongan sudah siap dan Bus Sudah Masuk Kawasan Semen Gresik. Sesampai disana Rombongan belum diperbolehkan masuk, karena ketatnya keamanan di Perusahaan tersebut. Hingga Setelah menunggu 15 menit kita diperbolehkan masuk dan menuju Aula Pusdiklat Semen Gresik. Disana Terlihat rindang kawasan kantor Semen Gresik, Mungkin itu yang dapat membuat pegawai nyaman dan mampu bekerja dengan baik. Di Pusdiklat Semen Gresik, Rombongan disambut dengan Luar biasa. disana kita dijamu dengan Keramahan Pemandu Acara siang itu dan Kue yang diberikan Semen Gresik, juga terlihat di meja Aula dipesriapkan Buku Selayang pandang Semen Gresik.

Acarapun dimulai, Pemandu Acarapun membangkitkan Semangat Rombongan dengan Game dan Yel, Juga ada yel Sendiri Yang dibuat afif (salah satu panitia Rombongan) yang berbunyi Informatika,,, Yes... UTM,,, Sukses... Semen Gresik,,, Kokoh Tak tertandingi... yel tersebut yang bisa membuat peserta semangat. Acarapun dimulai dengan Ceremonial, sambutan dari Pihak Semen Gresik dan Pihak UTM. dilanjutkan dengan Pemutarab Video selayang pandang Semen Gresik, dan Materi Puncak tentang Penerapan IT di Semen Gresik yang disampaikan Tim IT semen Gresik. ERP lagi-lagi menjadi hal yang membuat Rombongan tertarik, melihat desain ERP hingga manfaat ERP bagi bisnis perusahaan, hal ini juga membuat Rombongan dapat melaksanakan Kerja Praktik atau Penelitian Tugas Akhir di Semen Gresik. Tim IT menantang peserta untuk melakukan KP selama 3 bulan karena pengalaman yang didapatkan akan lebih, hal itu membuat beberapa peserta tertarik mengambil Tantangan tersebut. Selain Materi Pokok, yang membuat disana menarik adalah adanya mahasiswa Teknik Informatika Universitas Trunojoyo Madura yang bekerja disana yakni Pak Rotua Halomoan Damanik angkatan 2006, dan kemudian beliau memberi Motivasi kepada Rombongan "Dulu kampus dapat nama dari mahasiswanya tapi sekarang mahasiswa dapat nama dari kampusnya" hal itu yang memotivasi dia untuk bisa bersaing dengan mahasiswa kampus besar lain.

Akhir dari Perjalanan Kami Tepat Pukul 15:30 dan Kami Pulang ke Madura dengan Ilmu dan Pengalaman yang luar biasa,

TERIMA KASIH PT. PETROKIMIA GRESIK...

TERIMA KASIH PT. SEMEN GRESIK (Persero) Tbk...
Himatif Trunojoyo
Himatif Trunojoyo

Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Trunojoyo Madura