HIMATIF & ASLI Gelar Preview Workshop

Senin (3/10) di ruang multimedia RKB A Universitas Trunojoyo telah diselenggarakan sebuah preview workshop dari ASLI (Aliansi Sadar Linguistik Indonesia) dengan tema "Mengelola Perasaan dan Melatih Pikiran Untuk Menjadi Pribadi yang Bahagia dan Sukses". Acara yang dimulai pukul 10.00 wib ini ternyata menarik antusiasme yang sangat besar dari para mahasiswa yang mengikutinya. Hal itu terlihat dari kedatangan para peserta yang rela datang bahkan sejak pukul 08.00 wib atau 2 (dua) jam sebelum acara dimulai. Tidak hanya itu, pendaftaran peserta untuk acara ini yang hanya dilakukan dalam kurun waktu 1 (satu) hari saja ternyata mampu menghabiskan kuota peserta yang sudah direncanakan sebelumnya. Hal-hal tersebut sudah cukup menjadi bukti bagaimana antusiasme yang sangat besar dari para peserta.


Preview workshop ini selain bertujuan untuk menunjang proses pengembangan diri bagi mahasiswa yang ingin merubah pandangan hidupnya menjadi lebih baik, juga merupakan sebuah ajang pemanasan untuk workshop yang sesungguhnya yang akan dilaksanakan pada sabtu (26/11) mendatang yang juga akan dilaksanakan di Universitas Trunojoyo. Mengambil tema mengelola perasaan dan melatih pikiran, preview workshop ini mengajak para pesertanya untuk lebih sadar tentang beberbagai fakta sederhana nan unik yang ada disekitar mereka. Hal-hal unik yang dimunculkan tak urung membuat gelak tawa sering kali terlepas dari raut para peserta. di waktu yang lain, kerut-kerut dahi pertanda heran juga menyisipi keheningan acara saat itu.


Para mentor yang hadir merupakan praktisi dari NLP (neuro-linguistic programming) sebuah keilmuan yang berguna untuk mengolah kata dengan tujuan mengubah perilaku menjadi lebih baik. Ini semakin membuat para peserta yang mengikuti preview workshop semakin antusias mencerna kata-kata yang disampaikan oleh para mentor. Acara merupakan hasil kerjasama yang apik antara HIMATIF (Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika) dengan ASLI sebuah aliansi dalam bidang linguistik. Para mentor ASLI yang datang pada acara ini tak tanggung-tanggung, mereka langsung datang dari beberapa kota besar di Indonesia diantaranya Surabaya, Banjarmasin, Jakarta dan Yogyakarta. hal tersebuat semakin memperkuat pertanda keseriusan penyelenggaraan acara yang berakhir pukul 12.30 wib ini.


Setelah acara workshop tersebut selesai, ternyata para peserta dan mentor tidak semerta-merta meninggalkan lokasi acara. Sambil duduk-duduk santai para peserta dan mentor saling sharing secara lebih personal. Panitia menyebut itu sebagai "sesi curhat". Ternyata sesi ini tak kalah menariknya dengan sesi-sesi yang sebelumnya. Suasana akrab dan hangat kekeluargaan langsung terasa saat para peserta memulai curhat-curhat mereka.


Memang sebuah acara yang sangat luar biasa, bukan hanya bagi peserta tapi juga bagi Universitas Trunojoyo. Acara-acara seperti ini memang sangat baik guna meningkatkan kecakapan mahasiswa baik itu dari sisi soft maupun hardskill. Jika acara yang telah terselenggara dengan baik ini adalah sebuah acara pemanasan, maka sudah bisa dibayangkan bagaimana acara workshop yang sesungguhnya kelak pada tanggal 26 bulan nofember mendatang.(ciciwo)

Himatif Trunojoyo
Himatif Trunojoyo

Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Trunojoyo Madura