POTRET LABORATORIUM TEKNIK INFORMATIKA...

Tahukah Anda?

Teknik Informatika Sebagai Prodi Kebanggaan Universitas Trunojoyo Madura dan dengan Biaya Masuk Relatif Mahal dari pada Prodi Lain, Seharusnya memiliki Fasilitas yang Paling Baik. Termasuk Fasilitas Vital Prodi Teknik Informatika yakni Laboratorium Komputer.



Sampai Saat ini Prodi Teknik Informatika Sudah memilik 4 Laboratorium Komputer yang bisa dibilang sudah memfasilitasi dan mewadahi bidang minat mahasiswa, yakni:



  1. Laboratorium Sistem Informasi

  2. Laboratorium Pemrograman

  3. Laboratorium Jaringan

  4. Laboratorium Riset


Hal Tersebut adalah nilai positif dari Teknik Informatika Secara Branding/Kasat mata.



Akan tetapi bagaimana jika dilihat Secara nyata Fasilitas di Teknik Informatika?

Pada Tahun 2009 Teknik Informatika UTM melakukan akreditasi prodi dimana pada saat itu target dari pimpinan prodi adalah Terakreditasi B, akan tetapi apa yang terajadi untuk memperoleh akreditasi B sulitnya bukan main hingga akhirnya yang didapat adalah akreditasi C.



Apa yang jadi Masalah Sulitnya Akreditasi?

Beberapa hal yang membuat akreditasi B sangatlah sulit antara lain adalah fasilitas, fasilitas Laboratorium Informatika yang notabennya harus bekerja menjalankan program-program berat, spesifikasinya jauh dibawah Standart, bahkan lucunya ketika Tim Asesor Akreditasi Melihat Keadaan Lab. Informatika sangatlah miris, hal tersebut dilihat dari Fisik komputer yang digunakan dan jumlah komputer yang ada di laboratorium. Itu Semua Tentang keadaan 2 tahun yang lalu.



Bagaimana dengan Sekarang?

Permasalahan di Teknik Informatika Sampai saat ini masihlah sama, Yakni Fasilitas Laboratorium. Bahkan lebih parah dari pada tahun sebelumnya, bayangkan saja ada salah satu laboratorium di Teknik Informatika yang terpaksa menghentikkan Praktikum sementara karena Masalah Fasilitas, Komputer yang bisa digunakan di lab tersebut hanyalah 4 dengan peserta praktikum 12 orang, hal ini sangatlah ironis melihat Teknik Infromatika yang selalu di gadang-gadang sebagai ujung tombak UTM. Masalah daripada kerusakan komputer tersebut ternyata bukan hanya ada di satu lab, akan tetapi seluruh lab. Di Informatika, dan ironisnya gejala kerusaknnyapun hampir sama, seperti Sering mati sendiri,restrat sendiri dan permasalahan lain yang hampir sama.




Gambar Komputer Lab. Yang masih dipertahankan, dan dipaksa dipergunakan praktikum



Sebenarnya ada beberapa masalah yang terkait dengan mudahnya kerusakan fasilitas lab, yakni komputer yang seharusnya Live Time, ketika ada kerusakan tidaklah ada perbaikan yang serius. Dan Suhu Lab. Yang stabil sehingga komputer Selalu stabil akan tetapi AC(Air Condisiones) sering kali rusak dan lagi-lagi lambat penanganan kerusakan yang membuat ruangan meskipun ada AC tetaplah Hangat, dan yang paling tragis ada salah satu lab yang mengalami kebocoran genting hingga saat ini tidak ada perbaikan.



Apa Ancaman Terburuk Informatika?

Pada Tahun ini Teknik Informatika mencoba keberuntungannya untuk Akreditasi, dan target kali ini adalah A, akan tetapi ada ancaman buruk bagi informatika jika Sarana Laboratorium Tidak segera diperbaiki, yakni ketika Asessor melihat Laboratorium keadaanya makin parah dari pada tahun sebelumnya akreditasi Ancaman Terbesar adalah SIA-SIA AKREDITASI alias tetap mendapat C, atau bahkan PENURUNAN AKREDIASI.



Hal yang Sering DiKeluhkan Mahasiswa?

Mahasiswa Berfikir Bahwa ada sesuatu yang salah dari Kebijakan pemimpin-pemimpin kampus, diantaranya di Teknik Informatika yang Notabennya Pembayarn SPP relatif tinggi akan tetapi fasilitas yang diperoleh tidaklah sesuai. Dan bahkan untuk memperbaiki fasilitas terpaksa menggunakan dana IKOMA yang notabennya diluar SPP. Hal ini sangatlah tragis jika dibandingkan Lab. komputer fakultas lain yang notabennya kurang membutuhkan Komputer untuk Kegiatan Praktikum.



Melihat hal-hal diatas perlu suatu gebrakan untuk mengetuk hati nurani para pemimpin kampus ini, Sehingga Kami membuat Gerakan Koin Peduli Laboratorium Teknik Informatika yang nantinya akan kami donasikan ke masing-masing laaboratorium yang membutuhkannya.



Himatif Trunojoyo
Himatif Trunojoyo

Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Trunojoyo Madura